-->

Penyebab Motor Vega ZR Hilang Pengapian Dan Cara Memperbaikinya


Penyebab motor vega zr hilang pengapian ada banyak faktor, anda perlu mengecek komponen pengapian satu persatu untuk mengetahuinya. Hilangnya pengapian menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan. Rusaknya komponen pengapian inilah salah satu penyebab kenapa motor vega zr mati total.

Cara memperbaiki vega zr yang hilang pengapiannya adalah dengan cara memeriksa komponen pengapian dan mengecek apakah komponen tersebut dalam kondisi baik atau rusak. Lalu apa saja komponen pengapian motor vega zr yang perlu cek?

Langkah Cara Memperbaiki Motor Vega ZR Hilang Pengapian

1. Cek BUSI

Cek Komponen Busi

Periksa komponen busi, cek apakah busi masih berfungi atau sudah mati. Cara mengeceknya dengan cara mengeluarkan busi terlebih dahulu. Pasang lagi kabel koil ke busi, lalu ujung busi yang satunya ke blok motor. Dorong kick starter sembari melihat apakah busi masih memercikan api. Jika tidak kemungkinan businya rusak. Sebelum memutuskan mengganti lanjut ke step no 2 dulu.

2. Cek CDI Dan Koil

Cek CDI dan Koil

Cara sederhana untuk memeriksa kedua komponen tersebut adalah dengan menempelkan kabel yang menuju busi ke body motor, beri jarak 3-4mm. Lalu dorong kick starter sembari lihat apakah ada percikan api atau tidak. Jika tidak ada percikan api kemungkinan kedua komponen ini rusak. Sebelum memutuskan mengganti lanjut ke step no 3 dulu.

3. Cek Kiprok

Cek Kiprok

Periksa komponen yang bernama kiprok, ada beberapa cara mengecek kiprok. Tapi jika motor sudah tidak bisa dihidupkan cara untuk mengetes komponen ini adalah dengan mengelupas kabel kiprok yang berwarna merah. Lalu tempelkan ke body motor dengan diberi jarak antara 2-3mm. Dorong kick starter lihat apakah ada percikan. Jika tidak kemungkinan kiprok rusak. Sebelum memutuskan mengganti lanjut ke step no 4 dulu.

4. Cek Pulser

Cek Pulser

Untuk mengecek pulser dibutuhkan avometer/multitester. Cara mengeceknya dengan menyeting avometer ke X 10. Lalu tempelkan ujung kabel warna merah pulser dengan kabel (+) avometer dan kabel warna putih pulser dengan kabel (-). Lihat apakah jarum avometer bergerak, jika jarum avometer bergerak dan menunjukan di angka 400 ohm maka pulser dalam keadaan baik. Tapi sebaliknya jika tidak bergerak atau menunjukan dibawah 400 ohm maka pulser perlu diganti.

5. Cek Stator

Cek Stator

Letan stator di dalam bak magnet sebelah kiri mesin. Di dalam stator terdapat sepul, sepul pengisian dan sepul lampu. Cara mengecek cari kabel keluar dari bak magnet, terdapat 3 kabel warna kuning, putih, hitam. Ambil kabel warna hitam dan tempelkan ke body (tanpa di beri jarak), tempelkan juga kabel warna putih ke body dengan di beri jarak 2mm. Dorong kick starter lihat apakah ada percikan api. Jika tidak maka bisa dipastikan stator mengalami kerusakan dan harus diganti baru.

Itulah step step cara memperbaiki motor vega zr mati total yang di akibatkan karena pengapian hilang. Semoga dengan artikel ini bisa membantu, jika masih ragu apa penyebab hilangnya pengapian lebih baik konsultasikan ke bengkel profesional.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Motor Vega ZR Hilang Pengapian Dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel