Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Aki Motor Vega ZR Cepat Tekor


Pernah mengalami aki motor vega zr masih baru tapi tidak lama sudah tekor? Jika pernah anda perlu mencari penyebab aki cepet ngedrop atau tekor. Karena aki merupakan komponen yang penting di motor, fungsinya untuk supply sistem kelistrikan pada motor.

Penyebab Aki Motor Vega ZR Cepat Tekor

Penyebab aki/accu motor vega zr menjadi cepat tekor banyak kemungkinan. Jangan buru-buru mengganti aki dengan yang baru, mungkin yang bermasalah komponen lain, kan mubazir. Sebelum memvonis akinya sudah jelek sebaiknya cek dulu komponen kelistrikan lain.

Lalu apa saja yang perlu di cek untuk mengetahui apa saka penyebab accu motor cepat tekor? Berikut penjelasannya

5 Kemungkinan Yang Menjadi Sebab Aki Motor Menjadi Cepat Tekor

1. Terminal Pengait Aki Bermasalah

Pengait antara kabel positif dan negatif ke aki mengalami masalah, misalnya adanya plak atau karat pada sekrup. Sehingga arus listrik pengisian aki menjadi kurang maksimal.

2. Kiprok Bermasalah

Kiprok berfungsi untuk mengatur pengisian arus listrik ke aki. Jika komponen ini mengalami masalah atau rusak mengakibatkan supply arus listrik ke aki kurang atau malah overload. Supply yang overload atau kurang bisa membuat accu cepet soak dan tekor.

Cara mengetesnya bisa menggunakan avometer atau multimeter, hidupkan dan gas motro dengan kecepatan kira kira 4000-5000 RPM. Lihat tegangan listrik yang keluar, jika kurang dari 14-15 volt atau lebih dari itu, bisa jadi kiprok motormu rusak.

3. Memasang Lampu HID

Memasang lampu HID tanpa menyesuaikan spul pengisian dapat membuat aki cepat tekor. Karena jika menggunakan lampu ini memerlukan supply listrik yang cukup besar.

4. Memasang Klakson Variasi

Pemasangan klakson variasi pada motor tanpa menambah relay bisa juga menjadi penyebab aki cepat drop. Misalnya memasang klakson mobil pada motor, klakson ini membutuhkan supply listrik yang besar. Sebaiknya memasang relay untuk menyetabilkan arus listrik supaya aki tidak cepat tekor.

5. Spul Pengisian Bermasalah

Spul pengisian berperan penting dalam menyupply arus listrik ke aki. Jika spul bermasalah arus listrik ke kiprok kurang maksimal, berpengaruh juga ke aki. Cek apakah spul pengisian dalam keadaan baik atau rusak.

Perawatan dan pengecekan secara berkala sangatlah penting dilakukan, karena lebih baik mencegah sebelum terjadi masalah yang tidak di inginkan. Terutama yang masih menggunakan accu basah, perlu sering mengecek level air aki. Jaga level air aki jangan sampai kering. Artikel tentang perawatan aki bisa kamu baca, klik link cara merawat aki basah dan cara merawat aki kering.

Mungkin itu saja artikel yang membahas tentang penyebab aki motor vega zr cepat tekor, semoga bisa membantu.

Posting Komentar untuk "Penyebab Aki Motor Vega ZR Cepat Tekor"