Cara Merawat Aki Basah Pada Motor Supaya Awet

Merawat aki motor sangat penting dilakukan agar aki motor kita bisa awet dan tahan lama. Ada beberapa cara merawat aki basah pada motor supaya aki motor kamu tidak mudah rusak atau mati.
Cara Merawat Aki Basah Pada Motor Agar Awet

Setelah kemarin membahas tentang cara merawat aki kering pada motor, kali ini mimin mau menguraikan bagaimana cara merawat aki basah motor kamu. Lakukan perawatan secara berkala agar aki basah motor kamu tidak cepat rusak.

Berikut ini cara merawat aki basah pada motor:

1. Cek Ketinggian Cairan Aki Zuur
Pada bodi aki tersebut ada batas maksimal dan batas minimal cairan aki zuur, pastikan air aki berada diatas batas minimal. Jika air aki sudah berada di dekat batas minimal/dibawah batas minimal, lakukan pengisian air aki zuur dengan membuka tutup diatasnya.

2. Cek Terminal Positif (+) Dan Negatif (-)
Cek terminal positif dan negatif aki apakah ada kerak atau karat yang menempel. Bersihkan karat atau kerak yang menempel pada terminal supaya arus bisa mengalir sempurna.

3. Panaskan Motor Setiap Hari
Panaskan mesin motor setiap hari minimal 10-15 menit sebelum kendaraan digunakan ataupun tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar sel-sel yang ada didalam aki tidak mati dan sebagai pengisian awal arus listrik untuk aki setelah semalaman tidak bekerja atau tidak digunakan.

Setidaknya itu cara merawat aki basah pada motor supaya awet dan tidak mudah rusak. Cara simple tersebut jika dilakukan secara rutin bisa berdampak siknifikan dari pada kita rugi karena aki motor kita mati sebelum waktunya, hehe. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tips tips menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Aki Basah Pada Motor Supaya Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel